Penulis                           : Tri Ermayani

Editor                             : Ismoyo

Cetakan Pertama       : Juli 2011

 

Buku tentang fiqh munakahat sangat diperlukan oleh para pemuda generasi bangsa guna me­mahami ihwal pernikahan dan kehidupan berumah tangga menurut tuntunan al-Qur’an dan al-Sunnah Rasulullah saw.

Pada bagian pertama, dibahas pernikahan secara men­dasar mulai dari maksud dan tujuan pernikahan, hukum menikah dan tuntunan umum pernikahan dalam Islam dengan mengambil landasan pada al-Qur’an dan hadits.

Bagian kedua merupakan pembahasan tentang per­siapan perkawinan sebagai satu proses awal membentuk ke­luarga sakinah. Tanpa persiapan yang sesuai dengan pro­­sedur hukum Islam, akan sulit membina dan membentuk keluarga sakinah. Pernikahan merupakan sebuah ke­nis­caya­an pembinaan dan pembentukan keluarga sakinah. Selama ini, masyarakat di sekitar kita masih cenderung memilih pola perkawinan yang berorientasi ke adat istiadat ataupun budaya sehingga ada semacam kerinduan umat muslim untuk kembali kepada persiapan dan pelaksanaan perkawinan yang sesuai hukum Islam secara nyata.

Bagian ketiga, penulis mencoba memunculkan prinsip dasar pola kehidupan keluarga sakinah. Kebanyakan umat Islam menanyakan tentang resep menjadi keluarga sakinah. Nabi Muhammad saw telah menerangkan secara gamblang tentang langkah-langkah mendirikan keluarga sakinah.

Bagian keempat dibahas tentang pembinaan anak dalam keluarga. Anak merupakan manusia dewasa di masa selanjutnya. Anak sebagai investasi dunia dan akhirat bagi setiap orang tua. Orang tua harus memahami dan melak­sana­kan tanggung jawab bagi terselenggaranya pen­didikan anak. Anak yang mendapatkan pengasuhan serta pen­didik­an yang memadai dan proporsional dari orang tua akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang tangguh, bijak­sana, dan bertanggung jawab terhadap tugas dan ke­wajibannya.

Bagian kelima berisi tentang reproduksi dalam ajaran Islam. Bagaimana agar reproduksi manusia bisa sehat? Hal itu sangat bergantung kepada pengelolaan diri yang di­sertai dengan konsep ajaran Islam yang dijunjung tinggi agar menjadi manusia yang mulia, baik di hadapan Allah maupun di hadapan sesamanya.

Bagian keenam dibahas tentang problematika dalam pernikahan. Dalam kehidupan nyata, manusia tidak ter­lepas dari godaan, pilihan yang salah, dan persoalan-per­soalan yang muncul di dalam berumah tangga menjadikan pernikahan menjadi problematika. Termasuk di dalamnya perceraian dan hukum menikahi perempuan non-Islam dan lain sebagainya.

Semoga buku yang sangat sederhana ini dapat men­jadi dasar memahami hukum pernikahan dalam Islam sesuai dengan al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw, khususnya para mahasiswa dan mahasiswi (remaja) yang ingin belajar tentang fiqih munakahat.

About these ads